May
22
2023
|
General Trade VS Modern Trade: Inilah Kelebihan dan Kekurangannya!Mon, 22 May 2023
Dalam sektor distribusi, istilah general trade dan modern trade sudah tidak asing didengar. Keduanya merupakan kanal distribusi yang digunakan oleh para pelaku usaha, terutama perusahaan distributor untuk menyalurkan produk-produk mereka hingga ke tangan konsumen. Secara umum, general trade adalah model bisnis yang melibatkan perdagangan produk secara tradisional, antara produsen, distributor, dan pedagang independen. Dalam kanal general trade, produk dijual melalui pasar tradisional, toko kelontong, warung, dan toko kecil lainnya. Oleh karena itu, general trade sering disebut pasar umum atau pasar tradisional. Sedangkan modern trade adalah model bisnis yang ritel yang lebih besar, terstruktur dan seringkali beroperasi dalam bentuk minimarket, supermarket, hipermarket, pusat perbelanjaan, dan toko ritel lainnya. Dalam modern trade, produk yang dijual pun lebih bervariasi dan lebih terorganisir. Setelah mengetahui definisi general trade dan modern trade secara singkat, muncul sebuah pertanyaan di benak kita, “manakah yang lebih baik? General Trade atau Modern Trade?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari kedua kanal distribusi tersebut! Kelebihan dan Kekurangan General Trade 1. Kelebihan General Trade · Aksesibilitas General trade memiliki jangkauan yang lebih luas, sehingga produk lebih mudah untuk diakses oleh banyak orang dan semua kalangan. · Fleksibilitas General trade cenderung lebih fleksibel dalam hal penyesuaian harga dan promosi produk, sehingga dapat menarik konsumen dengan harga yang lebih terjangkau. · Hubungan Personal Dikarenakan beroperasi di tingkat lokal, kanal distribusi general trade cenderung lebih mudah untuk membangun hubungan personal dengan pelanggan dan dapat memberikan layanan yang lebih personal.
2. Kekurangan General Trade · Tidak Efisien Pengoperasian bisnis yang lebih sederhana menyebabkan general trade cenderung memiliki proses bisnis yang kurang efisien, seperti perencanaan persediaan produk yang buruk sehingga sering terjadi over stock (sediaan produk terlalu banyak) atau out of stock (produk habis). · Rendahnya Kontrol Kualitas General trade cenderung kurang mampu memantau dan mengontrol kualitas produk secara ketat dikarenakan kurangnya sumber daya dan teknologi. · Rendahnya Brand Recognition General trade yang memiliki jangkauan lebih luas menyebabkan merek produk mungkin kurang dikenal atau tidak terlihat secara terpisah.
Kelebihan dan Kekurangan Modern Trade 1. Kelebihan Modern Trade · Efisiensi Modern trade cenderung lebih efisien dalam perencanaan persediaan produk, pengelolaan stok, dan pengembangan merek produk tersebut. Hal ini karena adanya dukungan teknologi yang lebih canggih. · Kontrol Kualitas Modern trade memiliki sumber daya dan teknologi yang lebih baik untuk memantau dan mengontrol kualitas produk dengan ketat. · Brand Recognition yang Kuat Modern trade cenderung lebih fokus pada brand recognition dan dapat memberikan konsumen pengalaman belanja yang lebih konsisten. · Promosi dan Branding Modern Trade sering memiliki anggaran pemasaran dan promosi yang lebih besar, sehingga memungkinkan mereka untuk melakukan strategi pemasaran yang lebih agresif.
2. Kekurangan Modern Trade · Kurang fleksibel Modern trade memiliki bisnis operasi yang lebih kompleks, sehingga kanal distribusi ini cenderung kurang fleksibel dalam hal penyesuaian harga dan promosi produk. · Terbatasnya jangkauan Modern trade sering kali hanya beroperasi di kota-kota besar, sehingga jangkauan produk lebih kecil dan hanya dapat diakses oleh sebagian kecil dari populasi. · Kurangnya hubungan personal Modern trade memiliki bisnis operasi yang lebih besar, sehingga kanal distribusi ini cenderung kurang mampu membangun hubungan personal dengan pelanggan dan memberikan layanan yang lebih personal.
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari general trade dan modern trade. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi para calon pelaku usaha untuk menyesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan bisnis, profil bisnis, dan lingkungan bisnis. Namun, untuk perusahaan distributor, kelebihan dan kekurangan dua kanal tersebut harus dapat diadposi dan digabungkan dengan baik sehingga dapat menjadi strategi untuk memaksimalkan keuntungan yang diperoleh perusahaan serta memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam.
#distribusi
#generaltrade
#moderntrade
|