Mar
07
2023
|
Pentingnya Mindset "Everyone in the Company is a Salesperson"Tue, 07 Mar 2023
Dalam dunia bisnis, setiap orang di dalam perusahaan memiliki peran yang berbeda-beda. Namun, ada satu hal yang penting untuk diingat dan diterapkan oleh setiap anggota tim yakni semua orang adalah salesperson. Pemikiran ini dikenal dengan mindset “Everyone in the Company is a Salesperson”, yang berarti semua orang memiliki tanggung jawab untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan kepada pelanggan potensial dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang ada. Mengapa mindset ini penting? Karena dengan mindset ini, setiap orang akan lebih peduli terhadap kualitas produk atau jasa yang ditawarkan, lebih memahami kebutuhan dan harapan pelanggan, lebih berkomunikasi secara efektif dan persuasif, dan lebih berkontribusi terhadap pencapaian tujuan perusahaan. Meskipun mungkin terdengar tidak biasa, namun mindset ini merupakan cara pandang yang positif dan bermanfaat untuk membantu memperluas cakupan bisnis dan meningkatkan kesuksesan perusahaan. Dalam penerapan mindset “Everyone in the Company is Salesperson” penting sekali bagi seluruh tim untuk memahami produk yang ditawarkan oleh perusahaan sehingga dapat membantu mendorong penjualan, apapun jenis pekerjaannya. Dalam sebuah perusahaan supply chain, penerapan mindset "Everyone in the Company is a Salesperson" dapat diwujudkan dengan beberapa cara, di antaranya: Tim Produksi harus memastikan bahwa produk yang dihasilkan berkualitas dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh perusahaan. Selain itu, mereka juga dapat menjual produk kepada pelanggan melalui cara-cara seperti mengadakan tur pabrik atau menyediakan sampel produk yang dapat diuji coba.
Tim Pemasaran tidak hanya bertanggung jawab untuk memasarkan produk, tetapi juga dapat berkontribusi dalam menjual produk kepada pelanggan. Misalnya, mereka dapat memberikan presentasi tentang cara-cara penggunaan produk yang lebih efisien atau memberikan rekomendasi produk yang cocok dengan kebutuhan pelanggan. Tim Logistik bertanggung jawab untuk mengatur pengiriman produk ke pelanggan. Mereka dapat membantu menjual produk kepada pelanggan dengan memberikan informasi tentang waktu pengiriman yang cepat dan akurat, serta menyesuaikan metode pengiriman dengan kebutuhan pelanggan.
Tim Layanan Pelanggan dapat menjual produk dengan memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan pelanggan. Misalnya, mereka dapat menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau memberikan informasi tentang produk yang paling populer atau terbaru.
Namun jika Anda ditugaskan secara khusus sebagai salesperson dengan target closing deal, maka diperlukan skills yang cukup komprehensif dan dinamik sesuai dengan kebutuhan dan situasi saat itu. Pertama, salesperson harus bisa menganalisa pelanggan atau calon pelanggan yang pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jika ditawarkan produk/jasa yang tidak dibutuhkan maka calon pelanggan tidak akan tertarik atau membeli produk/jasa tersebut. Bagaimana salesperson mengetahui apa yang dibutuhkan oleh calon pelanggan? Kedua, seorang salesperson harus menjadi seorang pendengar dan konsultan untuk calon pelanggannya. Jika salesperson tidak mendengarkan masalah yang sedang dihadapi oleh calon pelanggan, dia tidak dapat menawarkan produk/jasa yang dibutuhkan mereka untuk menyelesaikan permasalahannya. Ketiga, seorang salesperson juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sehingga calon pelanggan paham bahwa masalah yang dihadapi bisa diselesaikan dengan produk/jasa yang sedang ditawarkan. Tapi apakah hanya seseorang yang menjabat salesperson yang dapat menjadi faktor penentu seseorang membeli produk/jasa yang ditawarkan? Tentu tidak. Banyak sekali faktor pertimbangan calon pelanggan ketika memutuskan untuk membeli sesuatu seperti kredibilitas brand/perusahaan serta sumber daya manusia yang terlibat di dalamnya. Bagaimana jika ketika kita mendengar komentar/testimoni negatif dari keluarga/teman/rekan kerja tentang brand/perusahaan tersebut? Tentu akan mempengaruhi kita dalam memutuskan membeli produk/jasanya karena tidak yakin dengan kredibilitasnya. Kesuksesan perusahaan bukan hanya dipengaruhi oleh seseorang dengan jabatan salesperson, tapi semua sumber daya manusia yang terlibat di dalamnya. Seseorang dengan jabatan salesperson memang memiliki tanggung jawab untuk berjualan mencapai target perusahaan, namun semua sumber daya manusia di dalamnya juga ikut berkontribusi mendukung pencapaian target tersebut. Dengan menerapkan mindset "Everyone in the Company is a Salesperson", setiap karyawan diharapkan dapat membantu menjual produk atau layanan perusahaan dengan cara yang baik dan professional sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memperkuat posisi perusahaan di pasar.
#salesperson
#mindset
#komunikasi
|