Logistics
Jan
27
2021

Industri 4.0 : Tranformasi Digital Pada Penerapan Proses Bisnis Logistik dan Supply Chain

Wed, 27 Jan 2021

Revolusi industri 4.0 telah menjadikan banyak perusahaan dari berbagai penjuru dunia mulai menerapkan digitalisasi dalam menunjang operasional aktivitas bisnis. Permintaan pelanggan yang semakin tinggi dan perubahan perilaku mendorong perusahaan untuk mengadopsi teknologi yang muncul yang memungkinkan mereka untuk meningkatkan digitalisasi dan otomatisasi.

Tidak terkecuali pada bisnis logistik dan Supply Chain, yang turut melakukan transformasi digital untuk dapat memanfaatkan sistem berbasis Industri 4.0 untuk mendapatkan informasi akurat pergerakan barang dan meningkatkan integrasi vertikal dan horizontal di antara mitra rantai pasokan.

Sistem e-logistics atau digitalisasi logistik sangat dibutuhkan guna meningkatkan kinerja terutama bagi pengguna jasa logistik. Dengan adanya digitalisasi logistik diharapkan dapat mempercepat proses informasi pergerakan material atau produk, aliran informasi, cash flow, dan aliran informasi dokumen logistik.

Mengadopsi transformasi digital, tentunya dapat mengurangi biaya logistik sehingga daya saing meningkat. Hal ini dikarenakan dari yang sebelumnya menggunakan pertukaran data bilateral, kini menjadi platform digital, sehingga akan meningkatkan keamanan dan kemudahan akses pada informasi end to end supply chain.

Baca Juga: Lawan COVID-19 di Indonesia Dengan Distribusi? Mungkinkah?

 
Dampak Digitalisasi Supply Chain terhadap Proses Logistik

Senada dengan hal itu, transformasi digital telah mengubah konteks pasar. Perubahan tersebut mengubah berbagai aspek bisnis tidak hanya model operasi bisnis semata, tetapi juga bagaimana perusahaan merubah cara dalam menawarkan produk, interaksi dengan pelanggan serta mendapatkan sumber layanan bisnis. Sehingga, perusahaan dituntut untuk mendesain Supply Chain mereka dengan membangun jaringan Supply Chain yang lebih terhubung.

Karenanya, digitalisasi akan membawa perkembangan bisnis logistik dan Supply Chain kepada dampak yang positif dan pasar yang lebih luas. Apa saja?

Proses bisnis menjadi lebih fleksibel. Perencanaan dapat terlaksana secara Ad Hoc dan real-time sehingga memungkinkan respon orang yang cepat terhadap perubahan permintaaan. Proses pengiriman dapat terlaksana secara fleksibel karena memungkinkan pelanggan untuk menentukan jasa pengiriman yang mereka inginkan dan mengalihkan rute pengiriman ke tujuan yang paling nyaman.

Seiring perubahan perilaku konsumen yang berpengaruh pada sistem operasional, dengan menggunakan sistem digital, seluruh pergerakan dan proses logistik akan semakin lebih cepat seperti halnya pengurusan dokumen secara digital yang dapat meminimalisir human error yang menjadikan proses dokumentasi lebih akurat dan dapat melakukan pengecekan secara transparan.

Proses bisnis juga akan menjadi lebih efisien. Efisiensi yang menjadikan seluruh proses end-to-end supply chain terjadi pada satu pintu aplikasi pendukung yang terintegrasi.

Baca Juga: Retail dan Distributor, Dua Hal yang Tidak Dapat Dipisahkan

 
Terapkan Industri 4.0, DNR Corporation Suguhkan Berbagai Produk Digital Logistics & Supply Chain

Semua hal diatas tentunya juga dirasakan oleh DNR Corporation sebagai penyedia jasa logistik yang terintegrasi. DNR Corporation telah mengadopsi digitalisasi logistik melalui lini bisnis DNR Digital, yakni dengan menghadirkan sistem digital yang dapat mempercepat dan menciptakan efisiensi yang baik untuk aktivitas logistik dan supply chain di seluruh Indonesia.

Berbagai produk digital logistik dan sistem supply chain yang ditawarkan oleh DNR Digital kepada mitra bisnis kami merupakan inovasi transformasi industri 4.0 untuk memberikan layanan baru dalam kegiatan logistik di Indonesia.

Berbagai produk digital logistik yang telah diciptakan oleh  DNR Digital, diantaranya: 

Digital Warehouse & Supply Chain, menyediakan End-to-End Modern Warehouse Management and Supply Chain management systems. Layanan digitalisasi multi-warehouse yang membantu proses integrasi gudang ke gudang, juga menyediakan logistik masa depan yang dapat menyederhanakan proses gudang, pergerakan produk yang transparan, dan kolaborasi yang lebih kuat dengan pihak eksternal yang terlibat baik pemasok maupun mitra bisnis.

Digital Vaccine Management & Supply Chain, solusi untuk gudang vaksin dan rantai pasokan yang menawarkan dan memastikan penyimpanan vaksin yang efektif, penanganan, dan manajemen stok, dan pemeliharaan sistem informasi manajemen logistik yang memadai. Melalui ini, DNR memastikan ketersediaan vaksin berkualitas dan layanan pengiriman yang cepat.

i-BAMS (integrated bansos management system) merupakan aplikasi terintegrasi yang digunakan untuk membantu proses penyaluran bantuan sosial (bansos). iBams dibuat khusus untuk mendukung program penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesejahteraan Sosial RI. Dengan digitalisasi ini, proses penyaluran bantuan sosial tersampaikan dengan lebih efektif, transparan, dan akuntabel.

i-BAST (Integrated Bantuan Sosial Tunai) adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu proses distribusi uang tunai. Dengan menggunakan aplikasi ini ke dalam penyaluran uang bansos, setiap pemangku kepentingan akan mendapatkan manfaat dari Pembagian Uang Tunai dapat terpantau secara terintegrasi, efektif, transparan, dan akuntabel.

LMD (B2B Last Mile Delivery) adalah pengangkutan barang dari hub pengangkutan menuju tujuan akhir. Solusi ini memungkinkan beberapa titik pengiriman, pengoptimalan rute, geo-fencing, pilahan jenis kendaraan, dan jadwal pengiriman yang dinamis. Dengan semua fitur ini, DNR senantiasa memberikan kepuasan pelanggan, waktu & biaya pengiriman, dan kemudahan penggunaan.

DPORT (Digital Transportation) adalah platform layanan logistik yang menjembatani pihak pengirim dan transporter lokal dengan menggunakan platform infrastruktur jaringan digital (mobile apps dan situs web). DPort menciptakan kemungkinan distribusi tender dan non-tender tergantung pada proses bisnis (berbasis tender akan otomatis mengajukan penawaran dan sebaliknya). Platform ini menghadirkan solusi terbaik untuk kebutuhan logistik dengan proses end-to-end yang efektif.

Dengan adanya berbagai produk digital logistik & supply chain yang kami suguhkan, diharapkan akan memberikan pelayanan berbasis teknologi tinggi yang ditujukan untuk mempermudah pengalaman para mitra bisnis kami.

#DNR #DNR Corporation #DNR Logistics #Digital Logistics #E-Logistics #Supply Chain

DNR Corporation
Other News & Events