Distribution
Jan
20
2021

Lawan COVID-19 di Indonesia Dengan Distribusi? Mungkinkah?

Wed, 20 Jan 2021

Kehadiran wabah pandemi COVID-19 menjadi salah satu bagian yang tidak dapat terpisahkan di dalam aktivitas keseharian yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada saat seperti sekarang ini. Pandemi yang serta merta telah merubah seluruh aspek kegiatan yang dilakukan bagi setiap individu masyarakat di bumi pertiwi ini seakan memberikan suatu tantangan yang baru yang akan dihadapi di waktu yang mendatang.

Dari waktu ke waktu, tentunya berbagai cara telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia maupun bagi badan-badan terkait demi menekan angka penyebaran COVID-19 di Indonesia. Dengan berbagai langkah yang telah diterapkan oleh pemerintah, langkah yang sudah diambil tersebut harusnya patut diapresiasi oleh setiap warga bagi keselamatan semuanya.

 

Penerapan 3M Hingga PSBB

Banyak masyarakat Indonesia telah merasakan perubahan-perubahan yang ada selama berlangsungnya wabah pandemi COVID-19 ini. Hal ini juga tidak lepas dari langkah yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi tingginya angka kenaikan jumlah masyarakat yang terpapar oleh virus Corona ini. Dapat kita ketahui beberapa aturan yang digaungkan seperti menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan diri adalah hal yang utama.

Dalam perjalanannya, pemerintah juga menerapkan sebuah kampanye kesehatan yang diharapkan bisa meningkatkan rasa kesadaran masyarakat akibat adanya bahaya dari virus Corona. Kampanye 3M adalah sebuah program kesehatan dimana masyarakat perlu mengikuti protocol kesehatan yang telah dikembangkan lebih lanjut. 3M sendiri dapat diartikan sebagai ‘Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan juga Menjaga Jarak’.

Tak hanya sampai disitu saja, langkah lainnya yang pada saat ini tengah dilakukan untuk semakin menekan angka penyebaran COVID-19 yaitu dengan menggelar PSBB di berbagai kota di Indonesia. PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) berbeda dengan lockdown yang dilakukan di berbagai negara, dimana kegiatan masih berjalan namun dengan beberapa pembatasan seperti jam operasional, jumlah orang di dalam satu ruangan, hingga menutup ruang public untuk sementara waktu.

Berbagai langkah yang telah diterapkan tersebut adalah beberapa langkah yang diterapkan oleh pihak otortitas negara untuk menyelamati masyarakat dari bahaya wabah pandemic yang saat ini sedang mewabah di bumi pertiwi.

 

Baca juga: Cold Storage dalam Menunjang Proses Distribusi, Pentingkah?

 

Kegiatan Distribusi Bisa Melawan COVID-19?

Selain dengan menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan diri, ada cara lainnya yang bisa dilakukan untuk melawan wabah pandemi COVID-19 yang ada di Indonesia. Lantas, apakah cara lainnya tersebut yang dapat dilakukan untuk menekan angka penyebaran wabah pandemi yang telah berlangsung di Indonesia ini?

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan distribusi. Ya, kegiatan distribusi nyatanya bisa menekan angka penyebaran pandemi di Indonesia ini. Dari waktu ke waktu memang aktivitas distribusi menjadi suatu bagian yang penting dalam proses memenuhi beragam kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat di berbagai daerah.

Aktivitas distribusi di Indonesia dapat memenuhi beragam kebutuhan bagi seluruh masyarakat Indonesia di berbagai provinsi. Mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang membentang luas dari Sabang sampai merauke, kegiatan distribusi dan jalur distribusi ke berbagai daerah menjadi bagian terpenting untuk menjaga rantai pasokan berbagai barang kebutuhan yang diperlukan.

Kembali pada kasus COVID-19, untuk melawan pandemi yang berlangsung ini dengan menggunakan kegiatan distribusi adalah lewat jalur pendistribusian logistik yang ada di Indonesia. Ya, kegiatan distribusi dalam hal ini adalah proses pendistribusian berbagai macam alat-alat kesehatan yang dibutuhkan seperti APD maupun masker hingga ke bagian pendistribusian produk kesehatan layaknya vitamin, reagen, hingga vaksin itu sendiri.

Dengan sebuah jalur pendistribusian dari beragam produk kesehatan tersebut, maka dalam hal ini aktivitas kegiatan distribusi memainkan peranan kunci dalam melawan wabah pandemi di Indonesia.

 

Dibutuhkan Infrastruktur Distribusi dan Cold Storage Warehouse

Cold Storage Warehouse Distribution Untuk melawan wabah pandemi COVID-19 di Indonesia dimana digunakan untuk penyimpanan vaksin.

Cold Storage Warehouse Untuk Penyimpanan Vaksin Maupun Obat Untuk COVID-19.

Sering dengan manfaat dari sebuah kegiatan distribusi di Indonesia dalam melawan wabah pandemi, tentunya hal tersebut juga diperlukan sarana-sarana lainnya untuk menunjang aktivitas pendistribusian serta penyimpanan beragam produk kesehatan yang dibutuhkan tersebut. Lantas, apa saja yang dibutuhkan untuk salah satu kegiatan logistik di era pandemi seperti sekarang ini?

Cara utama yang diperlukan adalah dengan membangun infrastruktur distribusi yang mumpuni di seluruh Indonesia. Jaringan infrastruktur yang ada seperti gudang-gudang atau warehouse yang tersebar secara merata, jumlah armada yang mumpuni, hingga jumlah SDM yang berkompeten adalah bagian di dalam infrastruktur distribusi itu sendiri. Tanpa adanya ketiga hal tersebut, proses distribusi beragam alat kesehatan di seluruh Indonesia.

Cara berikutnya adlah dengan menyiapkan sebuah Cold Storage Warehouse. Cold Storage Warehouse merupakan sebuah gudang dimana dilengkapi dengan pendingin di dalamnya. Dapat diketahui jika pendingin ini sangat penting untuk digunakan sebagai alat untuk menjaga obat maupun obat khusus seperti vaksin yang diperlukan untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat.

Dengan ditopang oleh kedua hal tersebut, hal itu bisa memberikan sebuah kontribusi yang nyata dari bagian distribusi untuk melawan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

 

Baca juga: Retail dan Distributor, Dua Hal yang Tidak Dapat Dipisahkan

 

DNR Menopang Jaringan Infrastruktur Distribusi

Kita dapat mengetahui bahwa sebuah kegiatan distribusi dapat turut membantu masyarakat untuk melawan penyebaran COVID-19. Lewat rangkaian kegiatan distribusi vaksin yang teratur ke berbagai akses kesehatan di Indonesia, hal ini dapat membuat vaksin yang didistribusikan tersebut bisa digunakan oleh masyarakat agar kuat melawan wabah pandemi ini.

Dan untuk menopang hal tersebut,  DNR dapat memberikan sebuah kegiatan distribusi yang diperlukan untuk mengirimkan vaksin COVID-19 dimana sangat dibutuhkan pada saat ini. Dengan fitur Cold Storage yang dimiliki di setiap warehouse yang ada, DNR berkomitmen untuk dapat turut membantu pendistribusian vaksin yang diperlukan oleh pemerintah pada saat ini.

Fitur Cold Storage yang ada di dalam warehouse milik DNR sendiri dapat diatur suhunya berdasarkan kebutuhan akan penyimpanan beragam kebutuhan medis dalam melawan pandemi COVID-19. Lebih lanjut, Cold Storage yang dimiliki oleh DNR bisa diatur hingga suhu -8°C yang pastinya bisa menyimpan vaksin dalam keadaan sempurna sebelum didistribusikan ke tempat-tempat layanan kesehatan di Indonesia.

Dengan infrastruktur distribusi yang lengkap, tentunya DNR dapat menjawab kebutuhan akan kesehatan masyarakat di kala seperti sekarang ini.

#2021 #dnr #dnr corporation #dnr distribution #distribusi #covid-19 #info dnr #cold storage #cold storage warehouse #warehouse #logistik

DNR Corporation
Other News & Events