Insights
Mar
03
2021

Penasaran? Begini Cara Kerja Tes Rapid Antigen!

Wed, 03 Mar 2021

COVID-19 merupakan sebuah wabah pandemi yang pada saat ini telah mengganggu segala aktivitas yang ada di tengah masyarakat global. Dalam hal ini berbagai pencegahan telah dilakukan guna menahan laju penyebaran virus Corona ini. Mulai penyuntikan vaksin yang saat ini dilakukan sampai melakukan pengecekan lewat ragam test yang ada. Dari berbagai test yang ada, test Rapid Antigen adalah salah satu test yang saat ini menjadi pilihan guna melakukan pengecekan di tengah wabah pandemi ini.

 

Pengecekan Tes Rapid Antigen Saat Wabah COVID-19

Rapid Test Antigen merupakan salah satu layanan kesehatan untuk deteksi dini paparan COVID-19.

Rapid Test Antigen merupakan salah satu layanan kesehatan untuk deteksi dini paparan COVID-19. (Sumber: Metro - SINDOnews)

Pada saat seperti sekarang ini, wabah pandemi COVID-19 telah mewabah di dalam masyarakat secara global dan termasuk masyarakat Indonesia. Peningkatan masyarakat yang telah terpapar oleh virus ini memang memberikan dampak yang cukup besar kepada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat itu sendiri.

Sejalan dengan adanya peningkatan angka masyarakat yang terpapar tersebut, maka dilakukan beberapa cara guna menekan angka penyebaran tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan pengecekan test yang tersedia oleh penyedia layanan kesehatan yang ada.

Ada beberapa test yang dapat dilakukan oleh masyarakat seperti Rapid Test, Swab Test, Test PCR, hingga Test Antigen. Dari beberapa test yang ada, test Rapid Antigen adalah satu dari sekian test yang dapat dipilih oleh masyarakat guna mengetahui hasil test yang dilakukan oleh tenaga medis tersebut.

Test Rapid Antigen bisa menjadi pilihan tepat oleh masyarakat yang ingin melakukan pengecekan test COVID-19 dengan cepat dan juga tepat dibandingkan dengan test-test yang lainnya.

Baca juga: DNR Suguhkan Beragam Layanan Test Deteksi COVID-19. Apa Saja Perbedaannya?

Bagaimana Cara Tes Rapid Antigen?

Test Rapid Antigen dapat dilakukan dengan cepat lewat hasil yang akurat.

Test Rapid Antigen dapat dilakukan dengan cepat lewat hasil yang akurat. (Sumber: DNR)

Lebih lanjut dengan adanya tes Rapid Antigen yang ada, hal ini menjadi perhatian bagi masyarakat yang ingin melakukan tes COVID-19 tersebut. Dalam hal ini, bagaimana cara tes Rapid Antigen itu sendiri? Berikut beberapa cara dari tes Rapid Antigen.

Mengambil Sampel Usap Dari Hidung

Langkah pertama dalam pemeriksaan tes Rapid Antigen adalah dengan mengambil sampel usap dari hidung. Dokter akan mengambil sampel usap dari kedua lubang hidung lewat sebuah alat Flocked Swabs yang akan mengambil sampel tersebut.

Sampel Ditaruh di Kaset

Setelah dokter mendapatkan sampel pasien dari usapan hidung tersebut, selanjutnya adalah dengan menaruh sampel yang didapat tersebut di sebuah alat kaset. Dalam hal ini, unit medis akan melakukan pengecekan lebih lanjut dari hasil yang didapatkan itu.

Mendapatkan Hasilnya Dengan Cepat

Setelah menunggu, pasien bisa mendapatkan hasil dari yang telah dilakukan sebelumnya bersama dengan dokter maupun tenaga medis yang ada. Untuk hasil yang ada, tes Rapid Antigen bisa mendapatkan hasil yang cukup cepat. Cukup sekitar beberapa menit saja, pasien bisa mendapatkan hasil setelah test yang dilakukan tersebut.

Baca juga: Antigen, Antibody, PCR? Ketahui Tiap Unggulannya Untuk Test COVID-19

Express Lab, Jawaban Untuk Tes Rapid Antigen Yang Cepat

Senada akan kebutuhan yang diperlukan tersebut di masa pandemi ini,  DNR turut hadir menghadirkan sebuah layanan yang berfokus pada tes Rapid Antigen di tengah masyarakat. Dalam hal ini, Express Lab bisa menjawab kebutuhan dalam melakukan test COVID-19 tersebut.

Express Lab sendiri memberikan beberapa layanan tes yang ada seperti contohnya PCR Express dan juga Antigen Express. Khusus untuk Antigen Express, pasien bisa melakukan pengecekan dengan mudah, cepat, dan juga praktis. Selain itu, tes Rapid Antigen yang dimiliki oleh DNR lewat produk Express Lab ini juga mempunyai harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat yang ingin melakukan tes.

Dengan begitu, masyarakat dapat mendapatkan layanan tes COVID-19 dengan harga yang terjangkau, proses yang cepat, dan juga pastinya dengan hasil yang akurat. Tentunya hal tersebut menjadi sebuah jawaban bagi masyarakat di tengah wabah pandemi COVID-19 ini.

Lewat Express Lab dari DNR, pemeriksaan menjadi lebih cepat, tepat, dan juga akurat!

#dnr #dnr corporation #antigen #covid-19 #virus corona #test antigen #rapid test antigen