Insights
Feb
10
2021

Antigen, Antibody, PCR? Ketahui Tiap Unggulannya Untuk Test COVID-19

Wed, 10 Feb 2021

Di masa sekarang ini, masalah kesehatan menjadi salah satu bagian yang sangat penting untuk dipenuhi seiring dengan berjalannya waktu yang ada. Terlebih dengan datangnya pandemi COVID-19 di Indonesia, problematikan kebutuhan akan kesehatan adalah suatu hal utama yang perlu dijaga dan pandemi ini menjadi musuh bagi semua orang. Sejalan dengan adanya hal tersebut, beberapa test kesehatan telah dilakukan untuk mengecek hingga memutus mata rantai dari penyeberan Virus Corona tersebut.

 

Wabah Pandemi COVID-19 Yang Meluas

Dari perjalanan waktu yang ada, Indonesia sedang menghadapi sebuah krisis yang belum pernah dihadapi sebelumnya. Selain itu, krisis ini juga telah memberikan dampak yang cukup besar kepada seluruh aktivitas yang dijalankan oleh masyarakat dalam kesehariannya itu. Tentunya hal ini berakibat pada kegiatan di lingkungan sosial itu sendiri.

Lantas, krisis apakah yang telah memberikan dampak besar tersebut? Krisis kesehatan adalah penyebab yang saat ini telah dirasakan oleh masyarakat. Kemunculan wabah pandemi COVID-19 membuat suatu krisis kesehatan yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Selain itu, berbagai pihak seperti pihak pemerintah maupun lembaga-lembaga pemerintah lainnya di Indonesia pun senada akan mendadaknya pandemi yang saat ini sedang dilawan oleh seluruh aspek bangsa. Tak heran, COVID-19 pada saat ini menjadi suatu musuh bersama bagi kita semua.

Terlebih dengan kasus masyarakat yang terkena virus Corona telah meluas di Indonesia, pastinya berbagai langkah akan dilakukan untuk memutus mata rantai dari penyebaran wabah pandemi ini. Dengan data yang dihimpun dari Satgas Penganganan COVID-19, telah terkonfirmasi hingga 1,078,314 pasien yang terpapar COVID-19 pada per 01 Februari 2021.

Tentunya hal ini menjadi suatu pertanda yang menjadi peringatan bagi semua kalangan untuk saling membantu untuk memutus mata rantai dari penyebaran wabah pandemi COVID-19 di Indonesia.

 

Antigen, Antibody, PCR, Pengecekan Test Untuk COVID-19

Untuk menekan angka penyebaran COVID-19, ada berbagai rangkaian test yang bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia guna mencegah penyebarluasan pandemi virus ini.

Untuk mencegah penyebarluasan COVID-19, ada berbagai rangkaian test guna mencegah meluasnya wabah pandemi ini.

Seiring dengan semakin meluasnya angka penyebaran COVID-19 di Indonesia, tentunya diperlukan berbagai macam hal yang dilakukan untuk menekan angka meluasnya dari virus Corona tersebut. Salah satu cara yang pada saat ini secara konstan dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan COVID-19.

Sampai sekarang, terdapat 3 rangkaian test yang dapat dilakukan oleh masyarakat dan tersedia di berbagai layanan kesehatan yang ada di Indonesia. Rangkaian test yang ada tersebut yaitu Antigen, Antibody, dan juga PCR. Ketiga rangkaian test ini menjadi sebuah kewajiban untuk dilakukan ketika ingin berpergian ke berbagai daerah.

Selain itu, ketiga test kesehatan ini dapat mengindikasikan apakah masyarakat telah positif terpapar virus COVID-19 ataupun tidak.

 

Baca juga: Pentingnya Sertifikasi CDOB Untuk Distribusi Farmasi di Indonesia

 

Perbedaan Test Antigen, Antibody, dan PCR

Adanya tiga test yang tersedia di berbagai tempat layanan kesehatan di Indonesia tentunya menjadi sebuah langkah yang dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Lantas seiring dengan adanya test-test tersebut, maka apa sajakah perbedaan yang ada di dalam ketiga test itu? Berikut penjelasannya.

Test Antibody

Untuk melakukan test pengecekan COVID-19, test antibody merupakan sebuah rangkaian test dan bisa menjadi test awal untuk mendeteksi virus Corona tersebut. Apa itu test antibody? Test antibody merupakan test untuk mendeteksi adanya antibody dalam darah orang yang diyakini telah terinfeksi COVID-19.

Untuk hasil yang didapat dari test ini, bisa dibilang belum akurat karena hanya mengecek antibody yang ada di dalam tubuh. Untuk itu, maka melakukan pengecekan lanjutan dapat menjadi salah satu cara agar bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Test Antigen

Tes Antigen adalah sebuah tes untuk mengidentifikasi orang yang terinfeksi virus COVID-19 dengan mendeteksi adanya materi genetik atau protein spesifik dari virus tersebut dalam tubuh seseorang. Untuk sampel yang diambil, sampel yang diambil dari pasien adalah lendir dalam hidung maupun tenggorokan dengan menggunakan metode swab atau yang disebut usap.

Dalam test ini, proses test ini akan mendeteksi antigen atau protein yang membentuk badan virus penyebab COVID-19. Untuk test ini, dapat dikatakan lebih akurat dan spesifik dibandingkan dengan test antibody karena mengidentifikasi virus dalam sekresi hidung dan juga tenggorokan.

PCR Test

Ingin mendapatkan hasil test COVID-19 yang paling akurat? PCR Test jawabannya! PCR atau Polymerase Chain Reaction merupakan rangkaian test metode untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, maupun virus. Pada test ini, digunakan untuk mendiagnosis gejala penyalkit COVID-19 dengan cara mendeteksi material genetik dari virus Corona itu sendiri.

Pada test COVID-19 diawali dengan pengambilan beberapa sample seperti lendir, dahak, ataupun cairan dari nasofaring , orofaring, maupun pada bagian paru-paru. Meskipun dalam pengecekannya lebih rumit dibandingkan kedua test sebelumnya, PCR Test bisa menjadi jawaban yang paling akurat untuk pengecekan COVID-19.

 

Baca juga: DNR Suguhkan Beragam Layanan Test Deteksi COVID-19. Apa Saja Perbedaannya?

 

Layanan Test COVID-19 Oleh DNR

Seiring dengan tingginya angka penyebaran COVID-19, DNR turut memberikan pelayanan pengecekan COVID-19 dan juga untuk membantu pemerintah Indonesia untuk melawan virus Corona di tengah masyarakat. Untuk menjawab kebutuhan serta tantanan yang ada, DNR memberikan layanan PCR Express.

PCR Express adalah suatu layanan kesehatan terpadu yang lengkap dan juga akurat dari DNR dimana bisa menjawab kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan pengecekan COVID-19 yang terpercaya.

Dengan harga yang sangat terjangkau dan hasil yang cepat serta akurat, PCR Express memberikan tiga layanan pengecekan COVID-19 yang terpadu. Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan hasil pengecekan kurang dari 24 jam dengan hasil yang akurat.

Ayo, bersama kita memutus mata rantai COVID-19 dan mendukung langkah pemerintah untuk melawan COVID-19 bersama dengan DNR dan PCR Express!

#dnr #info dnr #dnr health care #health care #covid-19 #pcr #pcr express #antigen #swab