Logistics
Aug
16
2021

Antusias Masyarakat Bali Dengan Bansos Beras PPKM Tahap I Yang Diterima Dari Perum BULOG dan Kementerian Sosial selama PPKM Darurat Lewat DNR

Mon, 16 Aug 2021

Masyarakat di daerah pulau Jawa dan Bali pada saat ini sedang melaksanakan program PPKM level 4 oleh pemerintah. PPKM ini dilaksanakan bertujuan untuk menekan angka penyebaran wabah pandemi COVID-19 di tengah-tengah masyarakat secara keseluruhan.

Dilaksanakannya program PPKM level 4 ini juga berdampak kepada aktivitas masyarakat maupun kepada roda perekonomian di berbagai daerah yang menerapkan PPKM tersebut. Tentunya hal ini dapat memberikan dampak kepada masyarakat di dalam berbagai aspek aktivitas kesehariannya itu.

Sejalan dengan adanya hal tersebut, Perum BULOG menyalurkan bantuan sosial beras dari Kementerian Sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di provinsi Bali lewat bekerja sama dengan DNR Corporation selaku pihak transpoter. Dilakukannya penyaluran bantuan tersebut dilaksanakan guna meringankan beban masyarakat di dalam proses pemenuhan kebutuhan pokok sehari-harinya.

Langkah penyaluran bantuan sosial beras ini juga beriringan dengan program pemerintah dimana pemerintah hadir untuk menjamin kebutuhan masyarakat selama diberlakukannya PPKM level 4 di berbagai daerah di tanah air.

 

Baca juga: Respon Warga Minahasa Tentang Bantuan Sosial Beras PPKM Tahap I Dari Perum BULOG dan Dikirimkan Oleh DNR Logistics

 

Masyarakat Senang, Beras Diterima Dalam Kondisi Yang Layak Konsumsi

Ni Luh Sulyantini seorang warga dari Desa Pererenan, Mengwi, Badung, mengaku merasa senang dan sangat bersyukur ketika menerima  bantuan sosial beras yang didapatinya dari Perum BULOG tersebut.

“Kami hanya mengucapkan bisa ucapkan terima kasih atas bantuan sosial beras yang telah diberikan kepada kami. Selain itu, kami juga berharap program bantuan ini dapat berlanjut untuk selanjutnya,” ucapnya dalam wawancara di lapangan.

Beras memang menjadi salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat guna memenuhi kebutuhan pangan setiap harinya. Dengan disalurkannya bantuan sosial beras dari Perum BULOG, masyarakat sedikit terbantukan dari segi pemenuhan kebutuhan pokok untuk sehari-harinya.

“Beras yang kami dapat ini kualtiasnya bagus dan sangat bermanfaat bagi kami. Kualitas berasnya juga bagus dan enak untuk dimasak,” tambahnya dalam keterangan.

Guna menjamin salah satu bagian dalam kebutuhan pokok tersebut, Perum BULOG Bali menyampaikan jaminannya terhadap pasokan beras-beras yang disalurkannya kepada masyarakat Bali secara langsung. Langkah ini diambil agar bantuan beras tersebut layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Ini sebenarnya beras lokal yang ada di Bali yang kami stok sebelumnya, sehingga bisa dapat kami salurkan sesuai data. Beras yang kami salurkan telah dicek dengan ketat dari segi kualitas dan kuantitasnya. Apabila tidak sesuai standar, maka akan kami tolak langsung”, ujar Suhardi selaku Kepala Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik Divisi Regional (Perum BULOG Divre) Bali.

 

Baca juga: Pengiriman Tahap I Selesai, DNR Siap Salurkan Program Bantuan Sosial Beras PPKM Tahap II

 

Medan dan Cuaca Jadi Tantangan DNR Logistics Dalam Mengirimkan Beras Bansos

Rangkaian penyaluran bantuan sosial beras dari Perum BULOG di provinsi Bali ini juga ditopang oleh jaringan distribusi yang dimiliki oleh DNR Corporation lewat unit usahanya yaitu DNR Logistics. Pada kesempatan ini, DNR sendiri bekerja sama di dalam penyaluran bantuan sosial beras kepada masyarakat yang mana sebelumnya telah ditunjuk sebagai pihak transporter dalam penyalurannya.

Dalam pengirimannya selaku pihak transporter, DNR Logistics tentunya selalu berkoordinasi dengan berbagai pihak dan terutama untuk penyaluran Bantuan Sosial Beras PPKM Tahap I di wilayah yang ekstrim seperti di daerah Nusa Penida, Klungkung.

“Jadi pengiriman untuk ke desa-desa yang sulit. Tapi kalau masalah data, sudah kami terima langsung dari pihak kementerian. Sehingga pengiriman dapat sesuai dengan data KPM,” kata Arif Subhan selaku perwakilan dari DNR.

Selain wilayah yang ekstrim, pengiriman bansos beras tersebut juga menglaami kendala lainnya yaitu dari segi medan dan juga cuaca yang dilewati di dalam proses pengiriman beras tersebut kepada masyarakat di daerah Bali.

“Kita tetap menjaga pendistribusian beras agar tidak basah, sehingga kualitas tetap terjaga hingga ke tangan masyarakat yang menerimanya,” tambah Arif dalam keterangannya.

Perlu diketahui bahwa DNR Corporation telah mendapatkan kepercayaan untuk mengirimkan bantuan sosial beras Perum BULOG kepada KPM dari Kementerian Sosial di 15 provinsi di Indonesia. Apa yang dilakukan oleh DNR ini menjadi kali kedua dimana pada tahun sebelumnya, perusahaan ini juga mendapatkan kepercayaan untuk mengirimkan bansos beras di 15 provinsi yang sama dan dapat meraih 3 rekor MURI atas keberhasilannya dalam kegiatan program bansos di tahun 2020 yang lalu.

#dnr #dnr corproation #dnr logistics #bali #perum bulog #bulog #kementerian sosial #kemensos #bansos beras #bansos beras ppkm

DNR Corporation
Other News & Events