Logistics
Jan
29
2021

Apa itu Last Mile Delivery? Jawaban Tantangan Kebutuhan Logistik di Indonesia

Fri, 29 Jan 2021

 

Kegiatan pendistribusian logistik di seluruh Indonesia akan selalu mengalami perkembangan seiring dengan adanya kemajuan teknologi digital yang semakin maju dari waktu ke waktu. Dalam hal ini, aktivitas logistik juga turut berubah untuk menjawab kebutuhan pengiriman barang yang cepat, transparan, dan juga efisien demi memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat Indonesia. Untuk hal ini, terdapat sebuah cara mensiasati dalam memenuhi di sektor logistik tersebut di era digital seperti sekarang ini.

 

 

Last Mile Delivery, Sistem Distribusi Logistik Yang Modern

 

Pada saat ini, tentunya diperlukan segala macam hal yang dapat memenuhi beragam kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat Indonesia di era digital seperti sekarang. Kehadiran sebuah sistem teknologi digital yang termutakhir adalah salah satu alasan mengapa terjadinya peningkatan beragam kebutuhan yang ada di tengah kehidupan masyarakat.

Dari berbagai macam yang ada pada saat seperti sekarang ini, ada salah satu sistem logistik yang pastinya dapat menjawab kebutuhan akan pendistribusian logistik yang diperlukan di era sekarang ini. Lantas, apakah sistem yang dapat menjawab kebutuhan logistik di Indonesia tersebut? Jawabannya adalah Last Mile Delivery System.

Mungkin bagi sebagian masyarakat Indonesia masih belum mengetahui tentang apakah sistem Last Mile Delivery tersebut. Lebih lanjut, Last Mile Delivery atau yang dalam Bahasa Indonesia berarti Pengiriman Mil Terakhir merupakan rangkaian jaringan distribusi dimana seorang pihak distributor atau yang disebut juga dengan retailer tidak memilih untuk menggunajan jasa pengiriman pihak ketiga. Dalam hal ini, pihak distributor akan mengirim paket ke rumah-rumah konsumen secara langsung.

Ringkasnya, layanan Last Mile Delivery adalah suatu istilah dalam kegiatan manajemen supply chain (rantai pasokan) dan juga dalam perencanaan transportasi dimana menggambarkan pergerakan orang serta barang dari suatu pusat transprotasi ke tujuan akhir ke rumah konsumen.

Pada saat ini, sebuah Last Mile Delivery cukup sering dipergunakan oleh berbagai unit bisnis usaha yang ada, terutama dalam bisnis e-commerce di Indonesia. Tentunya dengan adanya sistem Last Mile Delivery yang diadopsi tersebut, hal ini dapat membuat pengiriman barang menjadi lebih cepat dan transparan seiring dengan alur kerja bisnis e-commerce itu sendiri.

 

 

Baca juga: Perkembangan Digital di Indonesia, Online Logistik Semakin Dibutuhkan!

 

 

 

Alur Last Mile Delivery di Kegiatan Distribusi Logistik

 

Dengan alur Last Mile Delivery System yang ada di dalam kegiatan online logistik di Indonesia, hal ini dapat memberikan alur distribusi logistik yang cepat dan efisien ke tempat pembeli.

Alur Last Mile Delivery System Membawa Kegiatan Logistik Menjadi Lebih Cepat dan Efisien.

Last Mile Delivery akan menjadi sebuah andalan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan akan pendistribusian maupun pengiriman barang logistik secara cepat dan juga efisien seiring dengan perkembangan teknologi digital yang ada. Sejalan dengan hal tersebut, lantas bagaimanakah alur yang ada di dalam kegiatan Last Mile Delivery System tersebut?

Alur pengiriman dari Last Mile Delivery System ini adalah dimulai ketika pelanggan memesan barang dan diterima oleh unit bisnis yang ada. Selanjutnya, barang tersebut akan diproses dan akan mengemas produk barang yang akan dikirimkan. Setelah dikemas, barang akan diserahkan kepada pihak kurir ataupun jasa pengiriman barang untuk bisa dikirimkan langsung kepada masyarakat.

Selain itu, alur dari pengiriman barang yang dilakukan oleh pihak ketiga atau pihak jasa pengiriman barang tersebut akan terlacak di dalam sistem yang dimiliki oleh unit bisnis yang ada tersebut. Pelacakan ini juga dapat dilihat oleh para masyarakat sebagai konsumen yang menginginkan informasi lebih lanjut tentang distribusi barang logistik yang dikirimkan itu.

Apabila barang telah sampai, maka pihak jasa pengiriman barang akan menginformasikan barang kepada server bahwa barang telah sampai dan konsumen bisa merespon barang yang telah sampai di tujuan untuk menyeleasikan alur proses pengiriman barang kepada pihak unit bisnis tersebut.

Dengan adanya alur semacam ini, maka transparansi dan juga efisiensi dapat dirasakan oleh kedua pihak, baik pihak unit bisnis, pihak jasa pengiriman barang, maupun kepada pihak pelanggan itu sendiri.

 

 

Baca juga: Industri 4.0 : Tranformasi Digital Pada Penerapan Proses Bisnis Logistik dan Supply Chain

 

 

 

Pengiriman Logistik Yang Terkoneksi Dengan Platform Digital

Kehadiran Last Mile Delivery System merupakan perpaduan yang diperlukan antara kecanggihan teknologi dan kegiatan logistik, demi menjawab kebutuhan logistik yang meningkat serta memerlukan efisiensitas secara menyeluruh.

Adanya Last Mile Delivery System Menjadi Jawaban Yang Baik Antara Teknologi Digital dan Logistik.

 

Dengan kecepatan pengiriman barang logistik dan juga dalam transparansi yang dibeirkan kepada berbagai pihak yang ada dalam lingkup pengiriman logistik tersebut, tentunya diperlukan sebuah sistem yang mumpuni agar kegiatan Last Mile Delivery System dapat berjalan dengan lancar dan tidak terjadinya kendala dalam proses pengiriman tersebut.

 

Dan untuk menjamin hal tersebut, tentu diperlukan sebuah sistem yang sudah terintegrasi dengan baik demi berjalannya alur Last Mile Delivery System di kegiatan logistik yang lancar bukan? Maka dari hal tersebut,  DNR Logistics dapat menjawab kebutuhan yang diperlukan dari kebutuhan akan pengiriman pendistribusian logistik berbasis Last Mile Delivery System tersebut.

Ditopang dengan sistem yang ada dari DNR Digital, DNR Logistics menawarkan sebuah sistem B2B Last Mile Delivery System (LMD) dimana sistem ini untuk menjawab akan kebutuhan dari aktivitas logistik berbasis digital dan Last Mile Delivery tersebut. Dengan kehadiran sistem ini, kegiatan Last Mile Delivery dapat berjalan dengan cepat, mudah, dan juga transparan.

Last Mile Delivery System (LMD) adalah sebah platform digital dari DNR untuk pengangkutan barang dari hub pengangkutan menuju tujuan akhir. Solusi ini memungkinkan beberapa titik pengiriman, pengoptimalan rute, pemagaran geografis, beberapa opsi kendaraan, dan jadwal pengiriman dinamis. Dengan semua fitur ini, para unit bisnis yang menggunakannya akan mendapatkan kepuasan pelanggan, waktu & biaya pengiriman, dan kemudahan penggunaan.

Berikan solusi terbaik untuk kelancaran pengiriman logistik terbaik dengan sistem Last Mile Delivery yang terintegrasi bersama dengan  DNR Logistics.

 

#2021 #dnr #dnr logistics #dnr logistik #dnr corporation #logistik #last mile delivery #last mile delivery system #online logistics

DNR Corporation
Other News & Events