Logistics
Mar
04
2021

E-logistic Mainkan Peran Esensial Pada Bisnis E-commerce

Thu, 04 Mar 2021
Lebih Dalam Hubungan E-logistic dan E-commerce

Seperti yang diketahui bahwa maraknya belanja online semakin melekat pada gaya hidup masa kini. Hal tersebut tak luput dari bisnis e-commerce di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Menganut transformasi digital membuat bisnis e-commerce ini menjadi sebuah trend dan bahkan telah menjadi sebuah peluang dalam berbisnis di masyarakat.

Pada umumnya, dalam proses bisnis e-commerce melakukan sourcing dan delivery. Perlunya sourcing adalah guna mendapatkan barang-barang dari merchant atau supplier untuk diperdagangkan secara online. Sedangkan delivery memiliki peranan terpernting dikarenakan delivery ini memastikan pengiriman barang yang dipesan customer dapat dikirim tepat waktu. Artinya adalah bahwasannya bisnis e-commerce memiliki kaitan yang erat dengan komponen lainnya yakni Logistik.

Bagaimana dengan sistem kerja logistic pada e-commerce? Tentunya juga berbeda dengan alur proses ritel offline yang memerlukan gudang, karena Logistik pada e-commerce erat kaitannya dengan e-logistic yang memiliki alur yang lebih sederhana. Dalam penerapan sistem e-logistic, penyedia hanya menjadi sarana pemasaran, mendata barang yang masuk dan ke luar, serta bekerja sama dengan perusahaan logistik untuk pengiriman. 

Baca Juga: Penasaran? Begini Cara Kerja Tes Rapid Antigen!
Nilai Tambah E-Logistic

 

Menghasilkan bermacam manfaat dalam proses bisnis, dengan hadirnya bisnis e-logistic memberikan kemudahan dalam proses pengiriman secara transparan. E-logistic dalam e-commerce memungkinkan para penjual dan pembeli melakukan transaksi secara anonim melalui internet dan tidak harus bertatap muka satu sama lain. Kemudahan ini berkorelasi dengan pembayaran yang telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang telah ditentukan. Untuk meningkat

Selain itu, e-logistic memberikan manfaat dalam meningkatkan layanan pelanggan, meminimalkan biaya dan juga memenuhi tenggat waktu pengiriman produk. Manfaat tersebut tentunya membantu mengembangkan kontrol inventaris berbasis web dan juga membantu dalam membangun hubungan dengan perusahaan logistik besar.

Tidak hanya itu, munculnya e-logistic masa kini menjadikan transaksi tanpa batas. Dengan teknologi canggih yang termutakhir, kondisi geografis Indonesia yang terpisahkan oleh pulau, tidak menjadikan penghalang. Berkaitan dengan e-commerce yang mana dalam bisnisnya setiap orang dapat berbelanja kapanpun dan dimana pun, E-logistic mendukung hal itu dimana waktupun juga bukan lagi suatu masalah, karena E-logistic memberikan akses 24 jam non-stop tanpa henti dapat beroperasi sepanjang hari.

Baca Juga: DNR ‘Berbagi Kasih’, 1000 Nasi Kotak Bagi Warga Tangerang Yang Terdampak Banjir
Tantangan E-logistic pada Bisnis E-commerce

 

Disamping semua kemudahan yang diberikan dengan adanya E-logistic dalam menunjang bisnis E-commerce, namun juga memiliki tantangan dan kekurangan yang dapat dirasakan oleh konsumen.

Seperti halnya dengan masalah keamanan dan kepercayaan privasi. Masalah yang mungkin  muncul adalah atas timbulnya rasa ketidakpercayaan terjaganya informasi pribadi, keamanan informasi ataupun rincian pembayaran.

Selain itu, Indonesia sebagai negara berkembang tentu masih ada permasalahan dalam penerapan e-logistic ini seperti belum optimalnya infrastruktur. Infrastruktur yang dimaksud adalah infrastruktur yang belum optimal menciptakan hambatan dalam e-logistic seperti halnya proses dalam manajemen inventaris, hambataan pada monitoring dan track data inventaris.

Tantangan selanjutnya sehubungan dengan kaitan erat antara e-logistic dengan e-commerce, karenanya, standardisasi logistik pengiriman dalam bisnis e-commerce
Konsumen sering kali merasa dirugikan karena berbagai masalah terkait pengiriman barang atau produk e-commerce, seperti keterlambatan pengiriman, pengecekan stok barang, barang yang dikirim mengalami kerusakan, dan kadang pula terdapat barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan. Hal tersebut terjadi dikarenakan standar logistik yang mencakup waktu pengiriman barang dan pengiriman barang belum memadai.

iStoreiSend, Layanan E-logistic Untuk Memenuhi Kebutuhan E-Commerce

 

Kehadiran perusahaan penunjang logistik atau disebut logistics enabler, sangat membantu perkembangan e-commerce.  Perusahaan logistics enabler menyediakan layanan penanganan logistik untuk e-commerce, mulai dari pergudangan, distribusi, sampai foto produk. Kehadiran para enabler ini membuat perusahaan e-commerce bisa fokus dalam penjualan tanpa harus menangani pengiriman barang.

Menerima kesempatan bisnis tersebut, DNR melalui unit bisnisnya iStoreiSend turut menyuguhkan layanan e-logistic dengan menggunakan advanced warehouse infrastructure and management system dalam menunjang proses logistic pada e-commerce dari berbagai marketplace.

Dengan e-logistic, iStoreiSend membangun sistem yang terintegrasi yang mana setiap transaksi yang masuk akan secara otomatis disinkronkan dengan stok inventaris di sistem gudang iStoreiSend dan memulai proses pengiriman. Dengan proses yang tersistemasi memungkinkan kami untuk mendapatkan data-base pelanggan yang akurat dan dianalisa untuk lebih mengoptimalkan proses tersebut. Keunggulan lainnya dari sistem ini adalah proses yang dapat diakses dari platform secara realtime, stock monitoring secara real-time, dan consumer database management.

Sistem e-warehouse yang terintegrasi untuk mengakses end-to-end process pengiriman secara real-time.

Menyediakan layanan berbasis transformasi digital yang terintegrasi dapat membuat aktivitas distribusi logistik menjadi lebih cepat dan efisien, iStoreiSend mengembangkan e-warehouse dimana gudang yang telah terintegrasi dengan sistem platform yang canggih. Melalui platform ini, memungkinkan iStoreiSend untuk memantau stok barang secara efisien, monitor arus proses pengiriman secara real-time, dan consumer database management.

iStoreiSend telah memiliki 5 e-warehouse dan 36 potensi gudang yang tersedia untuk perluasan e-warehouse. Selain itu, dengan memiliki 46 multiple distribution centre, memungkinkan berbagai brand mendapatkan biaya pengiriman yang lebih murah. iStoreiSend berkomitmen menjadikan kegiatan distribusi logistik di Indonesia menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien, sehingga memberikan variasi biaya pengiriman logistik terbaik.

Untuk menjawab semua kebutuhan proses distribusi logistik yang cepat dan efisien melalui digitalisasi, dalam hal ini iStoreiSend mengintegrasikan proses aktivitas yang ada secara otomatis dengan sistem yang terintegrasi dari hulu ke hilir dalam aktivitas distribusi.

Automated-process yang disuguhkan, didalamnya terdapat dua proses penting yang ada pada sistem iStore iSend adalah Gateway dan Fulfillment dimana kedua hal tersebut menjadi bagian integral dari proses integrasi otomatis ke dalam kegiatan distribusi logistik.

  • Gateway: Proses otomatis berbasis digital dimana iStoreiSend menyediakan layanan pemasaran berbasis online yang dapat digunakan retailer untuk mendapatkan target penjualan dan mengetahui target konsumen secara akurat.
  • Fulfillment: Fulfillment adalah proses yang terintegrasi secara digital untuk kecepatan distribusi barang untuk dikirimkan melalui jasa kurir ke seluruh Indonesia ke konsumen.

iStoreiSend senantiasa berkomitmen menjadikan kegiatan perpindahan barang pada bisnis e-commerce di Indonesia menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien, sehingga memberikan beragam biaya pengiriman logistik terbaik.

 

#dnr corporarion #dnr logistic #elogistic #online logistic #ecommerce #integratedsystem #ewarehouse #digital #istoreisend

DNR Corporation
Other News & Events