Logistics
Aug
20
2021

Gunakan Kuda Tembus Terjalnya Rute, DNR Komit Antar Bantuan Beras PPKM Perum BULOG Tahap 2 di Tana Toraja

Fri, 20 Aug 2021

SULAWESI SELATAN - Senyuman dan harapan masyarakat telah tercermin dari wajah setiap masyarakat Tana Toraja, Sulawesi Selatan, yang baru saja menerima Bantuan Beras PPKM Tahap Kedua Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) non PKH yang mana telah disalurkan oleh Kementerian Sosial, Perum BULOG, dan DNR Corporation lewat unit usahanya yaitu DNR Logistics selaku pihak transporter.

 

Bantuan Pemerintah Bagi Masyarakat Selama Diberlakukan PPKM Level 4

Bantuan dari Pemerintah ini juga merupakan salah satu bagian dari program yang saat ini tengah dijalankan guna membantu pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat di tengah pemberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di beberapa daerah.

Dengan pemberlakuan kebijakan tersebut, aktivitas masyarakat dan juga proses pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dalam kesehariannya pun menjadi ikut terganggu mengingat terbatasnya aktivitas yang dapat dilakukan.

Pemberlakuan kebijakan ini tentunya tidak terlepas dari tujuan pemerintah untuk menyelamatkan warga masyarakatnya agar tidak terpapar virus COVID-19. Selain itu, kebijakan ini juga dilakukan supaya dapat menekan angka penyebaran wabah pandemi COVID-19 agar tidak semakin meluas.

Lebih lanjut, beras yang disalurkan oleh Perum BULOG ini merupakan beras dengan kualitas medium dengan berat sebesar 10 kg per masyarakat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah tercatat oleh pihak Kementerian Sosial sebelumnya. Dengan tersalurkannya bantuan beras tersebut, masyarakat merasa terbantukan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya selama masa PPKM ini.

“Dengan adanya bantuan BB PPKM Tahap 2 Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) non PKH  dari Pemerintah, kami merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan beras dari Pemerintah yang mana saat ini tengah diberlakukannya PPKM ini yang membuat kami wajib tinggal di rumah,” ucap Ruslan Effendi selaku warga di Kecamatan Simbuang, Tana Toraja yang ditemui dalam wawancaranya.

Ruslan Effendi, salah satu warga di Kecamatan Simbuang, Tana Toraja, Sumatera Selatan yang mendapatkan bantuan beras dari Pemerintah yang dikirimkan oleh DNR Logistics.

Ruslan Effendi, salah satu warga di Kecamatan Simbuang, Tana Toraja, Sumatera Selatan yang mendapatkan bantuan beras dari Pemerintah yang dikirimkan oleh DNR Logistics. (Sumber: DNR)

Ruslan juga menjabarkan bahwa BB PPKM Tahap 2 Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) non PKH yang disalurkan ini menjadi harapan bagi masyarakat kecil yang terdampak akibat wabah pandemi seperti saat situasi sekarang ini.

“Kami sebagai masyarakat kecil yang mana sebelumnya memikirkan dapat uang dari mana, dapat makan dari mana selama PPKM ini, sekarang bisa merasa cukup terbantukan dengan bantuan beras yang kami terima pada saat ini. Kami berterima kasih kepada pihak Pemerintah atas bantuannya ini,” tambahnya.

 

Baca juga: Antusias Masyarakat Bali Dengan Bansos Beras PPKM Tahap I Yang Diterima Dari Perum BULOG dan Kementerian Sosial selama PPKM Darurat Lewat DNR

 

Koordinasi Yang Baik Antara Pihak BULOG dan Semua Pihak Terkait Dalam Proses Pengiriman

Tersalurkannya BB PPKM Tahap 2 Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) non PKH ini tentunya tidak terlepas dari koordinasi yang baik dari semua pihak agar dapat menyalurkan bantuan beras dengan cepat, lancar, serta tepat sasaran bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Perum BULOG melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Sosial, Pemerintah Daerah Kabupaten Kota, serta DNR selaku pihak transporter. Kemudian menyiapkan beras dari gudang BULOG agar pelaksanaan penyaluran bantuan beras tersebut dapat berjalan dengan lancar,” ucap perwakilan dari Perum BULOG yaitu Deltiani selaku Satker Tana Toraja Kanwil Sulselbar dalam keterangannya.

Menjawab tantangan dan menghadapi berbagai rute jalur yang ada demi mensukseskan setiap misi pengiriman adalah salah satu komitmen yang dipegang oleh DNR Corporation bersama dengan unit usahanya yaitu DNR Logistics selaku pihak transporter. Hal ini tercermin dari apa yang dilakukan oleh DNR Logistics dalam penyaluran BB PPKM Tahap 2 Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

 

Baca juga: Respon Warga Minahasa Tentang Bantuan Sosial Beras PPKM Tahap I Dari Perum BULOG dan Dikirimkan Oleh DNR Logistics

 

Menggunakan Kuda Untuk Mengirim Beras di Jalur Ekstrim

Tim DNR Logistics menggunakan sara transportasi kuda guna mengirimkan bantuan beras PPKM dari Perum BULOG kepada masyarakat di Tana Toraja karena adanya jalur yang ekstrim

Tim DNR Logistics menggunakan sara transportasi kuda guna mengirimkan bantuan beras PPKM dari Perum BULOG kepada masyarakat di Tana Toraja karena adanya jalur yang ekstrim. (Sumber: DNR)

Pada proses pengiriman bantuan beras tersebut yang dimulai dari gudang Bulog Tondolangi ke Kecamatan Simbuang, DNR Logistics menggunakan 3 jenis alat transportasi di dalam pengirimannya itu yaitu kendaraan roda empat seperti truk dan mobil double cabin serta kuda sebagai sarana pengirimannya. Pemilihan alat transportasi tersebut tentunya tidak terlepas dari rute jalur yang ekstrim dalam proses pengirimannya tersebut.

“Untuk mencapai Simbuang, dari gudang Tondolangi kita menggunakan truk sampai ke Kecamatan Rembon. Lalu dari Kecamatan Rembon ke Kecamatan Simbuang menggunakan mobil double cabin yang mana membutuhkan waktu kurang lebih 6 sampai 7 jam karena medan yang dilalui cukup sulit dimana melewati hampir 3 sampai 4 gunung atau bukit, dan setelah sampai di Simbuang juga dilanjutkan dengan menggunakan sarana kuda karena beberapa wilayah di sini tidak dapat diakses dengan kendaraan transportasi lainnya,” ucap keterangan Syamratul Fuadi selaku PIC DNR Logistics untuk wilayah Sulawesi.

Selain itu dengan perjalanan medan yang panjang dan sulit, total ada kurang lebih sekitar 3,91 ton beras medium dari Perum BULOG yang telah berhasil disalurkan oleh DNR Logistics kepada masyarakat di Kecamatan Simbuang, Tana Toraja ini.

Tana Toraja sendiri merupakan salah satu dari berbagai daerah di 15 provinsi di Indonesia yang menjadi wilayah penyaluran BB PPKM Tahap 2 Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) oleh DNR Logistics dari kerja sama yang dilakukan bersama dengan Perum BULOG. Tentunya sinergi ini menjadi penting guna menjawab kebutuhan masyarakat di tengah situasi pandemi maupun kondisi diberlakukannya PPKM seperti saat ini.

#dnr #dnr corporation #dnr logistics #bansos #bansos beras #bansos beras ppkm #beras ppkm #bulog #perum bulog #kemensos #kementerian sosial #tana toraja #sulawesi selatan

DNR Corporation
Other News & Events