Corporation
Aug
13
2021

Pengiriman Tahap I Selesai, DNR Siap Salurkan Program Bantuan Sosial Beras PPKM Tahap II

Fri, 13 Aug 2021

JAKARTA - Seiring dengan melonjaknya wabah pandemi COVID-19 di Indonesia, Pemerintah mengambil langkah yang konkrit guna menekan angka penyebaran virus COVID-19 maupun di dalam menyelamatkan masyarakat secara keseluruhan.

Dalam hal tersebut, Pemerintah memberlakukan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa daerah di Indonesia. Hal ini menjadi bentuk tanggung jawab Pemerintah di dalam melindungi setiap warga negara agar terhindar dari paparan virus COVID-19 yang semakin menyebar. Tentunya dengan adanya pemberlakukan PPKM tersebut aktivitas keseharian masyarakat dapat terganggu dan terlebih pada pemenuhan kebutuhan pokok setiap harinya.

Sejalan dengan adanya hal tersebut, Kementerian Sosial menugaskan Perum BULOG untuk menyalurkan Bantuan Sosial Beras PPKM Tahap I dan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia sebagai mitra dan DNR Corporation sebagai pihak transporter dalam pengiriman bantuan beras tersebut kepada masyarakat. Setelah selesai pada tahap I, Kementerian Sosial, Perum BULOG dan bersama dengan pihak transporter siap mensukeskan penyaluran bantuan untuk tahap II.

 

Mandat Kementerian Sosial, Perum BULOG Salurkan Bantuan Beras PPKM Tahap I

Beras yang disalurkan oleh dalam program Bantuan Sosial Beras PPKM Tahap I adalah beras Medium dengan kualitas terbaik dari Perum BULOG yang dikirim oleh DNR sebagai transporter.

Beras yang disalurkan oleh dalam program Bantuan Sosial Beras PPKM Tahap I adalah beras Medium dengan kualitas terbaik dari Perum BULOG yang dikirim oleh DNR sebagai transporter. (Sumber: DNR)

Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah melalui Kementerian Sosial memberikan mandat kepada Perum BULOG untuk melanjutkan Penyaluran Bantuan Sosial Beras PPKM Tahap II. Ini merupakan penyaluran tahap lanjutan dimana pada tahap I sebelumnya telah selesai dilaksanakan dan bansos beras telah dapat tersalurkan dengan baik dan juga lancar serta dapat diterima langsung oleh masyarakat.

“Sebaga misi  negara,  Program Bantuan Beras PPKM adalah tugas yang harus diperjuangkan dengan ketulusan. Kami berjuang agar pelaksanannya berjalan baik, lancar, tepat kualitas dan tepat waktu serta sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Kegiatan ini adalah misi negara bukan misi bisnis, jadi bagaimanapun harus sukses karena tujuannya membantu masyarakat yang susah,” Kata Budi Waseso selaku Direktur Utama Perum BULOG.

Perlu diketahui bahwa Penyaluran Bantuan Beras PPKM tahap II ini, diberikan kepada 8,8 juta Keluarga Penerima Manfaat setelah sebelumnya berhasil melaksanakan tahap I kepada 20 juta keluarga penerima manfaat. Total keluarga penerima manfaat bantuan beras PPKM sebanyak 28,8 juta keluarga.

Pria yang akrab disapa Buwas itu juga menjelaskan bahwa beras yang digunakan untuk Program Bantuan Beras PPKM ini berasal dari beras petani yang dibeli BULOG sesuai amanah dari Inpres No.5 Tahun 2015, selain itu, BULOG juga ditugaskan untuk menyimpan stok Cadangan Beras Pemerintah yang berasal dari serapan petani sejumlah 1-1,5 juta ton.

“Salah satu penyaluran Cadangan Beras Pemerintah tersebut, yaitu untuk program Bantuan Beras PPKM ini, kalo ini bisa tersalurkan, maka BULOG akan menyerap kembali beras hasil petani untuk menjaga stok CBP tadi, jadi ada multiplier effect nya program pemerintah ini,” kata Budi Waseso.

Guna melancarkan program tersebut, Perum BULOG turut bekerja sama dengan DNR Corporation sebagai pihak transporter dan juga PT Pos Indonesia sebagai mitra BULOG dalam menyalurkan bantuan sosial beras PPKM kepada masyarakat.

 

Baca juga: Rangkaian Kegiatan Penyaluran Bansos Beras dari Perum BULOG Oleh DNR Selama PPKM di Jawa Timur dan Sekitarnya

 

DNR Sukses Kirimkan Bantuan Sosial Beras PPKM Tahap I di 15 Provinsi

Pada kesempatan ini di dalam tahap I, DNR Corporation dipercaya dan telah mensukseskan untuk menyalurkan bansos beras tersebut di 15 provinsi di Indonesia. Kelima belas provinsi tersebut meliputi Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Belitung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tengara Barat, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua, dan juga Papua Barat.

Direktur Utama DNR Corproation Rudy Tanoesoedibjo juga menyatakan bahwa bansos beras yang tersalurkan dari BULOG tersebut dapat membantu proses pemenuhan kebutuhan masyarakat di kesehariannya pada masa diberlakukannya PPKM tersebut.

“Kami berharap masyarakat dapat terbantu dengan adanya Bantuan Beras PPKM ini, proses penyaluran sampai dengan KPM telah selesai disalurkan oleh DNR Logistik selaku transporter, tentu saja terima kasih kami ucapkan kepada Dinas Sosial Kabupaten, para Pendamping PKH dan juga Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) ditingkat Kabupaten maupun Kota,” ucap Rudy Tanoesoedibjo.

Keberhasilan DNR dalam proses penyaluran bantuan beras PPKM ini tentu tidak terlepas dari kerja sama yang baik dari semua pihak yang turut ikut terlibat untuk membantu masyarakat di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini.

“Koordinasi dan kerjasama yg baik dengan semua elemen merupakan kunci keberhasilan kami menyelesaikan penyaluran BB PPKM 2021 tahap pertama ini. Pekerjaan tahap kedua sudah didepan mata dan kami berkomit’men pelaksanaannya akan lebih baik dari sebelumnya,” kata Rudy Tanoesoedibjo dalam keterangannya.

Sejalan untuk mensukseskan hal tersebut, DNR selaku pihak transporter sendiri juga menerjunkan berbagai SDM yang dimilikinya agar dapat melancarkan program Pemerintah dalam menyalurkan Bantuan Sosial Beras PPKM kepada para penerima KPH tersebut.

Kami mengerahkan hingga 7.000 orang di 15 provinsi untuk jutaan KPM. Kami punya komitmen satu, sesulit area yang harus delivered, asal bisa ke sana kami akan antar. Untuk tahap I dan tahap II ini akan hingga mengguanakan 40-50 pesawat carter untuk wilayah yang sulit agar bansos beras dapat diantarkan dengan baik. Digunakan juga sekitar 18-20 ribu truk untuk menyalurkan bantuan dari Kementerian Sosial dan Perum BULOG ini. Bahkan hingga sepeda motor, gerobak, kuda hingga sapi juga dikerahkan agar bantuan beras tersebut dapat dikirimkan dengan cepat kepada masyarakat yang membutuhkan,” tambah Rudy Tanoesodedibjo.

 

Baca juga: Mengarungi Laut dan Jalur Ekstrim, DNR Kirimkan Bansos Beras Perum BULOG di Sulawesi Utara

 

Selain SDM, DNR Ditopang Dengan Jaringan Sistem Yang Terinregrasi Dalam Penyaluran Bansos Beras

Tidak hanya menggunakan SDM yang ada, kesuksesan dari DNR dalam tahap I penyaluran Bantuan Sosial Beras PPKM ini juga ditopang dengan teknologi digital yang terintegrasi secara modern dan mengkoneksikan SDM yang ada di lapangan dan juga di dalam command center DNR itu sendiri.

“Setiap data penerima yang ada dari Kementerian Sosial yang kami terima tentunya selalu cepat berubah. Untuk itu, DNR dalam menopang aktivitas penyaluran bansos beras ini juga menggunakan system teknologi digital yang terintegrasi secara menyeluruh agar data yang didapat bisa divalidasi dengan baik dan tidak ada kesalahan data di dalam proses penyalurannya tersebut sehingga masyarakat bisa mendapatkan bantuan beras tersebut secara langsung.” ujarnya.

Selaras dengan kesuksesan yang didapat pada penyalutan program Bantuan Sosial Beras PPKM Tahap I, DNR Corproation selalu siap untuk melanjutkan pengiriman tahap II yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Lewat pengalaman kami yang telah mensukseskan penyaluran Bantuan Beras PPKM pada tahap I, DNR sebagai pihak transporter selalu siap untuk mensukseskan kembali penyaluran bantuan tersebut di tahap II dan ini merupakan komitmen kami untuk bersinergi bersama bagi bangsa,” tambah pernyataan pria yang kerap disapa Rudy Tanoe ini.

#dnr #dnr corporation #perum bulog #bulog #kementerian sosial #kemensos #ppkm #bansos beras ppkm #bansos beras #bansos beras ppkm tahap 1 #tahap 1 #tahap 2 #bansos beras ppkm tahap 2

DNR Corporation
Other News & Events